Perdagangan

Chevron Bantu Pertamina Kelola Blok Rokan?

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) disebut akan membantu PT Pertamina (Persero) selama masa transisi untuk mengelola Blok Rokan. Kontrak Chevron dalam mengelola Blok Rokan sendiri akan berakhir pada 2021 dan akan dilanjutkan oleh Pertamina.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan saat ini rencana kerja sama pada masa transisi tersebut masih terus dibicarakan.

“Masih ada pembicaraan-pembicaraan, (terkait kerja sama)” kata Dwi ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/1/2018).

Namun begitu, saat ini Dwi masih belum merinci kerja sama apa yang nantinya akan dijalankan dalam masa transisi itu. Apakah kerja sama dalam hal pengeboran atau yang lainnya.

Belum diketahui juga kemungkinan Chevron untuk bermitra dengan Pertamina dalam mengelola Blok Rokan nantinya. “Itu yang sedang dibicarakan,” kata Dwi lagi.

Sebelumnya, Pertamina memang membuka peluang bekerja sama dengan mitra untuk menggarap Blok Rokan. Hal itu diunkapkan langsung oleh Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu beberapa waktu lalu.

“Dalam ketetapan menteri kami memang diarahkan untuk mencari mitra dan kami melihat itu sebagai sesuatu yang harus kami jalankan,” kata Dharmawan.

Pertamina sendiri sudah membuat anak usaha khusus untuk mengelola Blok Rokan. Anak usaha tersebut adalah PT Pertamina Hulu Rokan yang dibentuk 20 Desember 2018 lalu.

“Pertamina Hulu Rokan di bawah saya langsung,” ujar Dharmawan. (fdl/zlf)

Detik.com

Related Articles

One Comment

  1. Write more, thats all I have to say. Literally,
    it seems as though you relied on the video to make your point.
    You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting
    videos to your weblog when you could be giving us
    something informative to read?

Leave a Reply

Close
Close